3 Tips Mudah Memilih dan Merawat Kacer Trotolan / Anakan Agar Menjadi Kacer Berkualitas | www.ublsf.com

3 Tips Mudah Memilih dan Merawat Kacer Trotolan / Anakan Agar Menjadi Kacer Berkualitas

3 Tips Mudah Memilih dan Merawat Kacer Trotolan / Anakan Agar Menjadi Kacer Berkualitas

3 Tips Mudah Memilih dan Merawat Kacer Trotolan / Anakan Agar Menjadi Kacer Berkualitas – Mendapatkan kacer gacor berprestasi merupakan hasil ahir dari proses panjang pemilihan trotol, pemeliharaan / perawatan kacer, pengamatan perilaku kacer, dan treatment keseharian yang kita lakukan jika kita bukanlah pemilik modal menggunung. Dari beberapa proses tersebut, kejelian memilih bahan kacer trotol adalah tahapan paling penting yang erat kaitannya dengan prestasinya di masa depan. Pada proses ini, biasanya pertanyaan klasik akan muncul seperti: Apakah kacer trotol betina bisa berprestasi? Apakah harus kacer trotol jantan yang dipilih? Apakah semua tempat jual kacer anakan menyediakan trotol-trotol terpilih? Kriteria trotol seperti apakah yang bisa berprestasi?


Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, tidak bisa berdasarkan wacana, ilmu kira-kira, atau bahkan membaca primbon jawa. Untuk mampu menjawab semua pertanyaan terkait pemilihan trotol terbaik harus didasarkan pada pengalaman, pengamatan, dan jam terbang si pemilik di dunia kicau mania kacer. Lalu bagaimana jika saya pemula namun saya ingin segera memiliki kacer juara? Tak ada yang tidak mungkin jika kita berusaha. Percepat proses adaptasi kita dengan selalu mencari informasi dari sumber-sumber terpercaya, dan tidak malu bertanya pada tokoh-tokoh yang sudah terbukti kredibilitasnya.
Nah, untuk membantu mempertajam insting dan mempercepat proses pemahaman tentang pemilihan kacer trotolan yang akan berprestasi, berikut penulis sajikan petuah penting tentang pemilihan bahan trotol dari om Ibi Bandar Kacer yang pernah dituliskannya di grup FB pecinta kacer bernama: CPI (CELENG PLAYER INDONESIA)  

Memilih Bahan Kacer Trotolan atau Anakan

Tiga aspek penting untuk dapat memilih kacer trotol berbakat yang akan mampu mengantongi segudang prestasi membanggakan di masa mendatang adalah sebagai berikut:
1. pastikan jantan
2. katuranggan (penunjuk tubuh)
3. kesehatan
Mari kita lihat lebih dalam tentang ketiga aspek penting pemilihan trotol tersebut secara seksama!
1. Memastikan memilih trotol jantan
Dalam memilih sang trotol jantan, pertama liat bulunya. Biasanya si trotol jantan warna hitamnya lebih pekat. Trotolnya cendrung agak coklat. Untuk lebih memastikannya, liatlah lidah cabangnya yg mengarah ke belakang tengorokan ujungnya ada titik hitam.
2. Katuranggan (penunjuk tubuh)
Pilihlah trotol dengan kriteria bentuk tubuh sebagai berikut: berbadan sedang, kaki besar tapi tidak pnjang. Mata melotot, kepala papak bak rambut cepak. Lehar padat berisi, dada bidang, paruh tebal panjang dll. Mungkin sobat kicau mania kacer sudah cukup paham untuk kriteria katuranggan
3. Kesehatan
Aspek ini yang harus benar-benar jeli diperhatikan. Pilihlah trotol yang berbunyi ciernya pling keras, makannya paling rakus, gerakan paling lincah dan yang jelas jgn sampai cacat.
Nah setelah selesai fase pemilihan trotol yang berkualitas, sekarang perawatan kacer trotol tersebut yang harus diperhatikan agar sang momongan cepat mempunyai mental baja, dan yang pasti berbunyi. Berikut ini ulasannya!

3 Tips Mudah Memilih dan Merawat Kacer Trotolan

Merawat Kacer Trotolan / Anakan Kacer Agar Berprestasi

Usahakan kacer trotol tidak mendapat tekanan dari kcer dewasa. Beri asupan gizi yg banyak protein seperti kroto, jk, cacing.
Ketika kcer sudah bisa makan sendiri, selalu tempelkan atau dekatkan namun  tidak satu sarang dengan burung-burung kecil sperti kolibri, pleci, atau lainya asal bukan burung petarung. Selalu pindah-pindahkan gantungan, agar saat ia tumbuh dewasa ia tidak mnjadi satpam rumahan. Ciptakan suasana seolah-olah dia mnjadi penguasa toritorial tunggal. Insyallah kurun waktu umur 8 bulan sampai 1 tahun burung sudah bisa bersaing dilatberan dengan intensitas rendah semisal sebulan sekali.
Jadi kacer mnurutku gak perlu diajak main lomba tuk menambah mental. Mental itu dibentuk dari lingkunganya jika ia drawat dengan baik. Kacer tercipta sebagai figther, tak perlu pengenalan area lomba. Saya sering menguji coba hal tersebut. kacer yang tidak pernah kenal lapangan tapi mempunyai mental dan kesehatan yang prima. Tes perdanapun mengondol tropi. Istilah demam pangung bagiku nooooo! Karena mental dibentuk oleh kita, denagn kebiasaan diteritorialnya. Contoh kasus, anak kecil yang selalu di bentak, otomatis terganggu di syaraf dan mentalnya.
Percayalah, jika dibandingkan merawat ombyokan muda hutan dengan merawat lolohan trotol, maka akan lebih cepat lolohan trotol untuk bisa dinikmati. Kita juga bisa meminimalisir kepunahan sang kcer itu sendri dengan penangkapan berlebihan di habitat aslinya. Semoga ini bisa sdikit membantu teman-teman di CPI (CELENG PLAYER INDONESIA) khususnya dan kicau mania kacer dimanapun berada umumnya. Salam wong alit!
Nah, demikianlah tadi ulasan materi tentang tips dan kriteria memilih trotol atau kacer anakan yang berkualitas serta cara merawat trotol agar dapat berprestasi. Semoga bermanfaat. Untuk dapat lebih banyak melihat tips kicau yang lainnya, silahkan klik di sini.



Home - About Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us
Copyright © 2014 www.ublsf.com. Designed By templatoid. Powered By Blogger
Back To Top