Fenomena Kacer Stres Saat Dilombakan dan Cara Mengatasinya | www.ublsf.com

Fenomena Kacer Stres Saat Dilombakan dan Cara Mengatasinya

Fenomena Kacer Stres Saat Dilombakan dan Cara Mengatasinya

Fenomena Kacer Stres Saat Dilombakan dan Cara Mengatasinya – Sobat ublsf.com, kacer stres merupakan fenomena yang sangat menakutkan bagi semua pecinta kicau mania kacer. Kalau fenomena ini terjadi pada momongan kita, pertanyaan yang kemudian akan muncul biasanya adalah bagaimana mengatasi kacer stres? Treatment apa yang paling tepat digunakan untuk mengatasi kacer stress yang pindah tempat atau nabrak-nabrak misalnya? Atau bagaimanapula mengatasi kacer stres yang macet total berbunyi? Menjawab soal-soal semacam itu tak mungkin dapat kita lakukan tanpa pengamatan tentang apa rahasia besar di balik fenomena itu dan bagaimana solusinya. Oleh sebab itu, memahami penyebab dan terapi penyembuhan kacer stress sangat penting untuk diketahui.

Fenomena Kacer Stres Saat Dilombakan
Pada artikel kali ini, kita akan mengupas tuntas secara mendalam tajam dan terpercaya tentang fenomena kacer stres dan penanganannya. Semua teori yang penulis tuangkan di sini adalah berdasarkan pengamatan mendalam dan pengalaman panjang yang diambil dari kisah nyata seorang pecinta kacer dengan segudang ilmu om Ibi Bandar Kacer. Langsung saja ke ulasannya di bawah ini.
Fenomena Stres Pada Kacer Saat Dilombakan dan Apa Penyebabnya?
Pada saat kacer dilombakan/ditempurkan,terkadang kita melihat macam-macam perilaku kacer digantangan. Sebenarnya, kalau kita cermati perilaku-perilaku tersebut merupakan respons kacer terhadap tekanan-tekanan yang berasal dari lawannya. Jika kacer diturunkan ke gelanggang sementara kondisi fisik dan mentalnya belum siap dan fit, biasanya kacer akan cenderung mengalami stres (perubahan kondisi fisik dan mental krena tertekan).
Stres dlm hal ini bisa berupa stress secara fisik atau stress secara mental atau bahkan stres kedua-duanya. Umumnya Kacer akan menunjukkan kondisi stress tsbt melalui bahasa tubuh/perilakunya saat bertempur. Yang unik dan bikin pusing untuk mnganalisanya adalah bahwa kacer dapat mengeluarkan bahasa tubuh/perilaku yg sama tapi penyebabnya bsa berbeda-beda.

Sebagai contoh:
1. kacer mbagong mngkin sebenarnya yang stress adalah fisiknya, tapi stress scara mental pun kacer akan berprilaku mbagong juga.
2. kacer tdk tenang dan sering lompat-lompat pun bisa karena stress karena secara fisik mungkin kondisi otot-ototnya mengalami ketegangan dan merasa kecapaian. Untuk merilekskan otot-ototnya kacer berusaha mnggerak-gerakkan bgian tubuhnya dgn cara melompat-lompat. Begitu juga ketika kacer stress secara mental, ia pun akan berprilaku melompat-lompat dengan mksud mnghindar dri pertempuran, dll. Nah, agar kita mampu mendeteksi dengan benar tentang fenomena ini, sangat penting bagi kita untuk mengetahui macam-macam perilaku kacer saat stres dan apa penyebabnya.
Contoh Perilaku Stress Secara Fisik Maupun Mentalnya Saat Kacer Berlomba
1.Mbagong
2.diam gak mau bunyi
3.lompat2 atau nabrak2
4.mangap
5.matukin bulu ato jari kakinya
Faktor-Faktor Penyebab Kacer Mengalami Stres
1. Usia masih relatif muda.
2. Perawatan yg tdk tepat.
3. Belum bsa beradaptasi dg lingkungan dan suasana baru.
4. kurang jam terbang /kurang piknik sehingga akan kaget jika ada kacer lain mngeluarkan tembakan-tembakan suara yang belum pernah didengarnya.
5. Tidak nyaman dg tangkringan atau sangkarnya.
6. Suhu dan cuaca yg ekstrim.
7. Trauma karena perlakuan kasar dari majikan.
8. Trauma karena sering terganggu dengan hewan predator
9. Kurang gizi.
10. Adanya perubahan jenis makanan dan perawatannya.
11. Kelelahan dan kpanasan karena perjalanan jauh dll.
Itulah beberapa faktor-faktor yang biasanya menjadi penyebab fenomena kacer stres ini terjadi. Lalu pertanyaannya kemudian adalah bagaimanakah solusinya?
Solusi Cara Mengatasi Kacer Stres
Solusi penanganan stress pada kacer bisa beragam namun kita harus benar-benar jeli menganalisa sumber stressnya terlebih dahulu sehingga dapat dilakukan penanganan yg tepat.
Misal:
1. Bila stress tersebut disebabkan oleh karena perawatan yang kurang tepat, solusinya adalah menginstropeksi perawatan manakah yang kemungkinan besar dapat menyebabkan kacer menjdi stress baik secara fisik atau mentalnya kemudian dihilangkan pada perawatan hariannya di kemudian hari.
2. Bila stress tersebut disebabkan oleh tangkringan dan sangkar yang tidak nyaman, perlu ada perubahan tangkringan atau sangkarnya supaya kacer lbih nyaman dll.
Catatan:
Kondisi fisik dan kondisi mental saling berhubungan dan saling mempengaruhi. Jika fisik terganggu mental juga bisa terganggu demikian juga halnya ketika mental terganggu maka secara otomatis kondisi fisik juga terganggu.
Smga bermanfaat. by mbah Ibi Bandar Kacer
Nah demikianlah ulasan tuntas dan mendalam menyoal fenomena kacer stres saat dengan berbagai ilustrasi kondisi. Semoga setelah membaca uraian penjelasan di atas, kita dapat memahami akar permasalahan dari munculnya stres pada kacer dan kemudian mampu menentukan treatment yang tepat sehingga permasalahan stres pada kacer dapat diatasi dan sang momongan menjadi mampu menapaki jalur prestasi. Untuk melihat lebih banyak tips seputar kicau mania kacer, klik di sini.

Baca Juga:
Tips ampuh mengatasi kacer mbagong
Tips merawat kacer saat dan sesudah mabung



Home - About Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us
Copyright © 2014 www.ublsf.com. Designed By templatoid. Powered By Blogger
Back To Top