Mengupas Tuntas Fenomena Mabung Kacer dan Cara Merawat Kacer Saat Mabung dan Setelah Mabung | www.ublsf.com

Mengupas Tuntas Fenomena Mabung Kacer dan Cara Merawat Kacer Saat Mabung dan Setelah Mabung

Mengupas Tuntas Fenomena Mabung Kacer dan Cara Merawat Kacer Saat Mabung dan Setelah Mabung


Mengupas Tuntas Fenomena Mabung Kacer dan Cara Merawat Kacer Saat Mabung dan Setelah Mabung – Sobat kicau mania, membahas seputar perawatan kacer mabung merupakan salah satu bahasan yang sangat menarik dan penting untuk dipahami oleh semua pecinta burung hitam putih ini. Kacer mabung adalah fenomena alami yang akan dilewati oleh semua burung kacer. Jadi, jika fenomena ini terjadi pada momongan Anda, tak perlu panik atau khawatir. Anda hannya perlu memahami fenomena ini untuk kemudian dapat memilih cara merawat kacer mabung yang tepat dan berhasil based on true story “berdasarkan kisah nyata” bukan teori asbun yang tak jelas sumbernya.
Fenomena Mabung Kacer dan Cara Merawat Kacer Saat Mabung
Nah, pada posting kali ini ublsf.com ingin mengupas tuntas fenomena kacer mabung ini beserta tips perawatan kacer yang sedang mabung. Semua artikel yang kami post di sini bersumber dari kisah nyata dan pengamatan seorang pecinta kacer yang rela berbagi ilmunya kepada siapa saja. Salam hormat untuk om Ibi Bandar Kacer yang selalu bermurah hati berbagi semua ilmunya seputar kicau hitam putih ini.
Berikut ini, penulis merekam ulang apa yang pernah beliau sampaikan dengan proses editing yang tidak merubah essensi makna dan maksud yang coba beliau sampaikan kepada kita semua.

Apa Itu Kacer Mabung? Kacer Mabung Gagal?

Jenis mabung yang pertama adalah mabung gagal. Kebanyakan teori tentang mabung gagal itu salah tafsir. Yang dimaksud dengan mabung gagal itu bkan bulu kacer yang rontok tidak sukses brol (tidak rontok secara keseluruhan). Namun yang dimaksud dengan mabung gagal adalah ketika setelah mabung hitungan tidak lbih dari 3 bulan kemudian si burung mabung lagi. Itulah yang dapat dikatakan sebagai fenomena gagal mabung alias stres.

Kacer Mabung Total / Brol dan Cara Merawatnya

Mabung pada kacer idealnya terjadi 2 tahun skali yang bisa benar-benar dikatakan mabung total 100%. Contoh kasus semisal, di tahun pertama si burung mabung total 100% maka kita sebagai pemerhati dan pecinta kacer harus lebih berhati-hati untuk memilih cara mnyiasatinya. Karena mabung 100% bkan hanya bulunya yang kembali muda namun menurut pengalaman saya, saya katakan bahwa tulang jiwanya juga kembali muda. Di sinilah momen penting terjadi. Karena pada fase ini ada kemudahan untuk mengisi materi dengan lebih mudah, karna si momongan biasanya sedang diam membisu.
Disisi lain, sebagai pecinta kacer juga dituntut untuk lebih berhati-hati jika kita ingin kembali mncoba mengikutsertakannya dalam perlombaan. Ketika kacer mabung telah berhasil 100% pulih kita harus mengamati dan memutuskan apakah bulu mereka sudah cukup tua dan apakah tulang dan kejiwaannya sudah kembali lagi seperti dulu kala saat sebelum mabung? Di snilah sang perawat diuji dari segi kejelian dan ksabarannya. Banyak kcer ktika beres mabung bermasalah karna ketidak tauan si pemilik burung tentang teori ini.

Kacer yang 100% dalam hal EF, sangat berpengaruh besar pada proses ini. Contoh ketika si kacer dorong bulu, diwajibkan pemberian EF berupa JK dan kroto dengan takaran 2 kali lipat dari set harianya sampai mentok bulunya. Ktika ekor sudah terdorong 2 cm mndikan momongan seminggu 2 kali tanpa jemur.
Setelah mentok semua bulu, mndikan setiap hari dengan jemur 10-15 mnit bertahap Sampai kembali normal. Jangan buru-buru dicoba kelapanga kalau ketika dijemur masih mangap-mangap (membuka lebar mulutnya berkali-kali) dan belum gacor sperti saat sebelum mbung, biarkan ia bner-bener fit / pulih dulu baru tes perdana. Setelah mentok bulunya, biasanya itu memakan waktu minimal 1-3 bln.

Kacer Mabung Sulam atau Gagal Mabung?

Nah yang selanjutnya disebut mabung sulam. Mabung sulam terjadi ketika hanya ekor dan sayap beberapa helai yang rontok. Ini bukan termasuk gagal mabung. Justru inilah siklus normalnya. Ketika di tahun pertama si burung berhasil mabung 100%, umumnya di tahun berikutnya aka terjadi fenomena mabung sulam. Di saat inilah momen yg pling saya sukai sebagai pecinta kacer. Tidak perlu menunggu lama prosesnya dan biasanya ketika mabung sulam inilah kacer akan ada di masa kejayaannya karena semua bulu jiwanya perform. Wal hasil kemampuan si momongan akan meluap dimasa-masa ini..he.he.he.
Jadi menurut pengalaman true story saya, gak perlu untuk memberi treatment-treatment yang memaksakan untuk mabung total. Biarkan semua terjadi alamiah apa adanya. Terimkasih, kesempurnaan hanya milik Tuhan, kekurangan milik penulis, tapi kesempurnaan performa si hitam putih (kacer) momongan adalah harapan kita semua. Salam gentayangan.
Nah demikian uraian tentang mabung kacer dan cara merawat kacer pra mabung dan pasca mabung. Ternyata tidak sesulit yang dibayangkan bukan merawat kacer yang mabung? Semoga bermanfaat, salam kacer, salam kicau mania ublsf. BERANDA



Home - About Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us
Copyright © 2014 www.ublsf.com. Designed By templatoid. Powered By Blogger
Back To Top