Rahasia Menjaga Stabilitas Performa Kacer dari Musim ke Musim | www.ublsf.com

Rahasia Menjaga Stabilitas Performa Kacer dari Musim ke Musim

Rahasia Menjaga Stabilitas Performa Kacer dari Musim ke Musim


Rahasia Menjaga Stabilitas Performa Kacer dari Musim ke Musim – Penting bagi saya untuk mengulangi lagi dan lagi bahasan tentang istilah “fleksibel” dalam merawat burung, yang merupakan kata kunci dari performa kacer yang stabil. Karena saya perhatikan banyak sekali kicau mania di sini yang masih bingung tentang apa dan bagaimana sih rawatan kacer yang disesuaikan dengan keadaan burung terkini, penyesuaian rawatan dengan suhu udara, dan cuaca musiman.
http://www.ublsf.com/2017/02/rahasia-menjaga-kacer-stabil-juara.html
Rahasia Menjaga Stabilitas Performa Kacer 
Bnyak kicau mania yang terjerumus dengan kata “pakem rawatan” dari burung yang sudah mapan dalam artian burung berprestasi segudang dengan  satu pakem rawatan tertentu yang tak berubah-ubah namun berakhir tidak mau bekerja untuk musim berikutnya. Dimana sebenarnya letak kesalahannya? Mengapa dengan rawatan yang sama, bisa mendapat hasil yang jauh berbeda? Lalu, ada apa yang sebenarnya melatarbelakangi ini semua?
Untuk dapat menjawab itu semua, mari kita amati beberapa hal berikut ini!

1. Lihatlah musim di saat kacer top perform (hujan atau panas), sementara bagaimana keadaan musim berikutnya?
2. Amati kembali penempatan kacer saat dia top perform (sendiri atau ada burung lain di sekitarnya), sementara bagaimana penempatannya setelah itu?
Nah aspek-aspek tersebutlah yang kemungkinan besar membuat kacer bisa sampai sekitar 80% berubah kinerjanya. Sudah bukan zamannya lagi kita memitoskan sesuatu, apalagi merumuskan sesuatu yang tidak bisa dilogikakan. Dalam merawat sesuatu yang bernyawa, tetaplah harus memahami kondisi kesehatannya di setiap musim, itu bahkan hukumnya wajib bagi saya. Karena yang dirawat bukanlah motor balap yang notabenenya benda mati, jadi begitu dapet top speednya selama onderdilnya tidak rusak, maka selama itu pula ia akan menghasilkan akselerasi yg sama.
Tapi jika yang dirawat adalah makhluk bernyawa, di saat musim dan suhu udara berbeda pasti akan berbeda pula kinerja dan hasil yang akan didapat. Suatu contoh, saat musim hujan apakah kita selalu ingin mandi? Tak heran bnyak burung jawara mangkrak setelah beres mabung, atau berulah tiba-tiba, karena apa? Itu semua terjadi karena ketidakpahaman membaca situasi musim atau kekurangpekaan kita mengadaptasi suhu udara di sekeliking kita, itu sudah shah karena merasa sudah mendapat setting terbaik selama ini.
Yang namanya setting itu harus tetap menyesuaikan kondisi yang disetting dengan musim yang terjadi. Jadi bermain kacer itu mutlak pasti akan ada PR di setiap lombanya. karena jelas, kesehatan burung pasti naik turun tidak sperti motor yang merupakan benda mati itu tadi. Yang dipelajari adalah gerak-gerik, musim, dan area penempatan sang kacer momongan kita. Itulah beberapa kata kuncinya untuk mendapatkan “kestabilan” burung di dalam setiap perlombaan, dari musim ke musim. Ini sudah saya terapkan ke semua burung momongan saya, salah satunya kacer “Residivis” yang bahkan pernah mencatatkan rekor 28 minggu tanpa kondangan. Sekian terimaksih, salam CPI garis keras.

Baca Juga:
Mengantisipasi Perubahan Performa Burung di Lapangan

Photo of the Remarkables mountain range in Queenstown, New Zealand.

Home - About Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us
Copyright © 2014 www.ublsf.com. Designed By templatoid. Powered By Blogger
Back To Top