Apakah Kacer Mangap Selalu Identik dengan Kacer yang Kepanasan? | www.ublsf.com

Apakah Kacer Mangap Selalu Identik dengan Kacer yang Kepanasan?

Apakah Kacer Mangap Selalu Identik dengan Kacer yang Kepanasan?

Apakah Kacer Mangap Selalu Identik dengan Kacer yang Kepanasan? – Ada sebuah anggapan yang berkembang di kalangan KM khususnya pecinta kacer bahwa gesture mangap-mangap yang kerap ditunjukkan oleh kacer adalah ciri-ciri kacer yang kepanasan. Tak pelak jika ini yang terjadi, sobat KM selalu mencoba mengatasinya dengan treatment-treatment terkait kacer yang mengalami kepanasan. Saya jadi ingat sebuah kalimat penting yang merupakan pakem pemeliharaan kacer yaitu “ Salah vonis maka salah perlakuan”. Lalu muncul di benak saya sebuah pertanyaan, apakah anggapan ini selalu benar? Apakah mangap selalu identic dengan kepanasan? Atau ada penyebab yang lain? Jangan-jangan mangap itu tak hanya disebabkan karena sang kacer mengalami kepanasan?
Apakah Mangap Selalu Identik dengan Kepanasan?
Nah, agar tak terlalu banyak tanda tanya lagi di benak kita, mari kita simak ulasan om Ibi Bandar Kacer untuk mengupas tuntas sampai ke akar-akarnya tentang fenomena yang satu ini. Cekidot.
Apakah Kacer Mangap Selalu Identik Dengan Kacer Kepanasan?
Banyak KM yang berasumsi kalau kacer mangap-mangap di lapangan itu adalah tanda-tanda bahwa kacer sedang kepanasan, menurut pengamatan saya anggapan itu rata-rata salah. Setelah saya coba mengamati, setidaknya ada dua penyebab mengapa kacer mangap-mangap dan penyebab ke dua adalah yang lebih dominan. Perhatikan dua penyebab kacer mangap-mangap berikut:

1. Mangap yang disebabkan karena kepanasan

Biasanya mangap kepanasan ini ditandai dengan sang kacer yang mangap-mangap seiring kondisi sayap yang sedikit dibuka, dan nafas ngos-ngosan tapi dia tetap responsif.

2. Mangap yang disebabkan karena takut

Mangap ketakutan alias hilang fighter. Burung kacer yang mengalami mangap karena kehilangan sifat fighternya ini biasanya menunjukan gestur mlongo, tatapan kosong, bengong, dan meski dia berbunyi biasanya nampak gelisah, ngejer, nampar jeruji, dll.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Mangap Takut?

Kalau di lapangan momongan kita menunjukkan ciri-ciri seperti itu, maka yang harus kita lakukan adalah jauhkan ia dari area lomba, dan buka krodong kemudian buang krotonya. Kemudian berikan vor dan air minum saja lalu jemur sampai mangapnya hilang meski ia nampak gelisah biarkan saja sampai dia tidak mangap-mangap lagi. Kemudian aginkan dan beri UH 1 cepuk setelah dia berhenti makan. Setelah itu, krodong dekatkan areal keramaian burung. Selamat mencoba. ILMU CPI selalu terbalik dengan visual yang terlihat.
Nah, ternyata terbongkar sudah bahwa ternyata ada faktor lain yang menyebabkan gesture mangap muncul pada kacer momongan kita. Belum tentu mitos yang sering menyeruak ke permukaan menjadi kebenaran hakiki yang bisa dengan serta-merta kita yakini. Perlu ketelitian dan kejelian untuk menilik lebih jauh dan mengkaji tentang apa yang sebenarnya terjadi. Ketelitian dan kejelian tentulah sangat berperan besar dalam keberhasilan kita mencetak sang juara kacer yang mumpuni. Sehingga kita tidak terlalu mudah menelan bulat-bulat sebuah anggapan tanpa menelaah dan menerjemahkannya dengan bahasa logika kita atau juga terlalu fanatik menggenggam erat mitos-mitos jaman dahulu tanpa mau mengkaji lebih dalam. Salam Kacer Mania Cerdas, Salam Kacer Juara! 

Baca Juga:
Ciri-Ciri Kacer Tipe Panas dan Dingin (Dari Bahan Trotolan)
Perilaku Berbeda Kacer Tipe Panas dan Dingin dalam Berbagai Kasus

Settingan Rawatan Kacer Tipe Panas dan Dingin



Home - About Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us
Copyright © 2014 www.ublsf.com. Designed By templatoid. Powered By Blogger
Back To Top