Perawatan Mabung dan Permasalahan Seputar Mabung pada Kacer

Perawatan Mabung dan Permasalahan Seputar Mabung pada Kacer

Perawatan Mabung dan Permasalahan Seputar Mabung pada Kacer – Banyak sekali sobat KM yang sering mengeluhkan permasalahan yang sering terjadi seputar kacer ketika sedang mengalami proses mabung. Mabung adalah kondisi ketika si burung kacer akan berganti bulu sehingga bulu yang ada rontok. Prosesi ini adalah fenomena normal yang dialami hamper semua jenis burung begitu juga kacer. Pada artikel sebelumnya, narasumber telah membahas secara lengkap fenomena ini dalam postingan yang berjudul “Mengupas TuntasFenomena-Fenomena Mabung Kacer dan Cara Merawat Kacer Saat Mabung dan SetelahMabung”.
Akan tetapi, ada beberapa hal yang biasanya membuat sobat KM semua bingung menyikapinya ketika fenomena mabung ini dialami oleh burung kacer gacoannya. Apa-apa saja permasalahan yang sering muncul ketika mabung? Bagaimana cara mengatasi permasalahan-permasalahan seputar mabung tersebut? Dua poin penting tersebut akan dikupas secara mendalam oleh om Ibi Bandar Kacer pada posting berikut ini.

Perawatan Mabung Kacer dan Permasalahan Seputar Mabung pada Kacer

Nah banyak KM yang kadang msih bingung menentukan bagaimana perawatan kacer mabung yang benar dan sesuai dengan kemauan burung kacer gacoannya. Di sini ada 2 versi mabung yang membuat KM sedikit bingung menyikapinya. 2 versi tersebut coba saya uraikan pada penjelasan berikut ini:
1. Kacer mabung yang mau brol ketika EF kroto diberikan.
2. Kacer mabung yang mau brol jika UH diberikan.
Ke dua hal di ataslah yang kadang menjadi momok yang menyulitkan dan bikin ndasmet. Perhatikan sekali lagi kalau sudah ada tanda-tanda bulu-bulu kecil berjatuhan, coba pemberian JK dihentikan. Berikan kroto 3-6 per hari, jika dia semkin bnyak brol-nya (rontok bulunya) berate burung Anda cocok dengan aplikasi kroto. Sebaliknya, jika setelah diberikan kroto dia berhenti brol-nya, berikan UH.
Selanjutnya, jika burung kacer Anda adalah yang tergolong cocok memakai kroto, krodong harus sering dibasahi. Tapi jika dia cocok memakai UH, usahakan dijemur 1-2 jam, lalu beri UH secepuk. Full krodong. Batasan pemberian UH dan kroto itu bisa dihentikan ketika ekor sudah abis dan treatment selanjutnya JK berikan 15/15 ps. Jangan ada pemandian sebelum full ekornya rontok. Kalau sudah full ekor rontok, jemur bertahap dari 10 menit, 15 dst. Mandi seminggu sekali dulu dan mulai mencoba dilapangan.
Nah bgitulah kira-kira sobat CPI mabung ala IBI BK. Semoga bermanfaat J

Baca Juga: 
Pemahaman Merawat Mabung Kacer Tipe Panas dan Tipe Dingin
Demikianlah sobat www.ublsf.com bahasan kita kali ini terkait masalah-masalah seputar kacer ketika sedang mengalami prosesi mabung. Semoga setelah memahami permasalahan-permasalahan di atas, kita dapat mengambil tindakan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan jenis kacer momongan sobat KM semua. Apabila sobat KM memiliki beberapa permasalahan kacer terkait kacer momongan, silahkan ketik persoalan Anda di bagian “SEARCH” yang ada di bagian atas posting, lalu klik “GO”. 



Home - About Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us
Copyright © 2014 www.ublsf.com. Designed By templatoid. Powered By Blogger
Back To Top