Fungsi Rawatan Harian Kacer (Pengrodongan, Mandi, Jemur, Umbaran dan EF)

Fungsi Rawatan Harian Kacer (Pengrodongan, Mandi, Jemur, Umbaran dan EF)

Fungsi Rawatan Harian Kacer (Pengrodongan, Mandi,Jemur, Umbaran dan EF) – Sobat KM dimanapun Anda berada, berangkat dari banyaknya kesalahan persepsi terhadap fungsi-fungsi dari berbagai rawatan harian dalam proses memelihara kacer, maka pada bahasan kali ini kami menganggap penting untuk menjelaskan satu persatu dengan jelas berdasarkan pengalaman dan pengamatan narasumber. Jika fungsi-fungsi rawatan berikut Anda anggap benar, maka silahkan ikuti namun jika Anda memiliki pendapat yang berbeda maka tetaplah ikuti apa yang Anda yakini.

www.ublsf.com
Fungsi Rawatan Harian Kacer
Penjabaran berikut kami rangkum dari penjabaran mendetail yang dituliskan oleh salah satu narasumber kami yaitu om Ibi Bandar Kacer.

Penjabaran Fungsi Rawatan Harian pada Kacer

1. Pengrodongan
Pengrodongan pada kacer biasanya berfungsi untuk kenyamanan kacer, menstabilkan suhu tubuh, dan menumbuhkan figther (emosi) pada kacer.
2. Mandi
Pemandian pada kacer berguna untuk menjaga kebersihan kacer, menurunkan emosi berlebih, dan mendongkrak birahi.
3. Penjemuran
Pada kacer, penjemuran dapat berguna untuk menambah emosi dan mencerna kandungan EF yang kaya nutrisi agar dapat diserap menjadi power, sehingga metabolisme tubuh burung seimbang.

4. Jangkrik
Jangkrik (JK) berfungsi untuk menambah power (stamina) asalkan pemberianya disesuaikan takaranya dengan metabolisme dan karakternya. Negatifnya, jika JK diberikan tidak sesuai dengan kemampuan metabolismenya, maka ini berdampak pada Over Birahi (OB) karena sifatnya yang berair plus protein tinggi.
5. Kroto
Murni mengandung protein tinggi yang berdampak menaikan birahi. Kroto cocok diberikan pada burung dengan karakter pemarah atau figther tinggi seperti muray, kcer tipe panas, dll.
6. Ulat Hongkong
Ulat Hongkong (UH) sifatnya panas karena kandungan airnya minim tetapi banyak lemak. Ini cocok diberikan pada burung yang jiwa fighternya sedang dan rendah sperti kcer tipe dingin, ciblek, cendet, cicak ijo pleci dll.
UH biasanya dampaknya konstan oleh karenanya pemberian UH pada kacer sebaiknya menjelang lomba saaj atau saat musim hujan. Negatifnya, jika pemeberian UH berlebihan dan tidak tepat pada waktunya maka yang akan muncul biasanya adalah birahi bukan emosi karena kandungan proteinnya yang tinggi.
7. Ulat Pisang / Bambu
Ulat Pisang atau Ulat Bambu cocok diberikan untuk burung yang memiliki jiwa fighter tinggi untuk meredam emosi karena kandungan proteinnya yang tinggi dan berair. Namun, ada sedikit perbedaan antara ulat pisang atau ulat bambu dan kroto. Anda dapat membaca uraian lengkapnya di sini.
8. Umbaran
Umbaran pada kacer berguna untuk menekan birahi dan menambah emosi. Proses pembakaran yang terjadi pada tubuh kacer ketika ia berterbangan akan membakar lemak yang ada dan tertimbun di tubuh burung dan mengubahnya menjadi power. Ini cocok digunakan untuk burung yang karakter memiliki birahi yang tinggi.
Baca Juga:
Nah itulah pemahaman dari semua rawatan harian kacer menurut versi saya. Sekarang tinggal pandai-pandainya kita merawat momongan kacer gacoan kita agar dapat menghantarkannya mencapai tangga juara yang telah kita rencanakan dan persiapkan semenjak lama.



Home - About Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us
Copyright © 2014 www.ublsf.com. Designed By templatoid. Powered By Blogger
Back To Top