Tahapan Rawatan Celeng (Kacer Bahan) Menuju Kacer Prestasi | www.ublsf.com

Tahapan Rawatan Celeng (Kacer Bahan) Menuju Kacer Prestasi

Tahapan Rawatan Celeng (Kacer Bahan) Menuju Kacer Prestasi

Tahapan Rawatan Celeng (Kacer Bahan) MenujuKacer Prestasi – Ini adalah treatment yang mutlak kebenaranya yang sangat penting dipahami untuk mengkondisikan kacer bahan ke jalur prestasi di masa yang akan datang. Berikut adalah ulasan om Ndanko Gsf yang kemudian ditambahkan beberapa poin oleh om Ibi Bandar Kacer. Semoga para narasumber di atas dapat selalu diberi keberkahan atas ilmu yang sering dibagikan lewat situs ini.

Tahapan Rawatan Celeng (Kacer Bahan)
Baiklah pemirsa, kali ini saya akan mencoba berbagi / share pengalaman tentang Tahapan perawatan celeng, ingat yaa “Celeng” bukan “Sapi”. Ada beberapa tahapan rawatan celeng yang perlu kita ketahui dan perlu digaris bawahi, sbb:

1. Tahap Pengondisian Kacer Bahan

Tahap Pengondisian I
Pada Tahap Awal ini, Celeng di kondisikan dengan rawatan JK sekuatnya tanpa jemur (Angin-angin) selama 1 Jam dan Mandi 1 Minggu sekali, burung full kerodong, tahapan ini dilakukan 1-2 Minggu.
Indikator keberhasilan Tahapan ini yaitu Kotoran besar nafsu makan bagus, yg awalnya bisu jadi bunyi dan bisa sebaliknya yg awalnya gacor jadi berkurang kegacorannya.
Tahap Pengondisian II
Pada Tahap Pengondisian ini Rawatan yang perlu di terapkan yaitu JK sekuatnya dengan Jemur semampunya dan Mandi 1 minggu Sekali, tahap ini biasanya dilakukan minimal 2 minggu-1 bulan, hasil yg akan didapat pada tahapan ini yaitu burung akan lebih fit, bulu rapat, kotoran akan bagus (padat), umumnya kacer sudah bisa on.

2. Tahap Memaksimalkan Birahi Kacer

Setelah Tahapan Pengondisian dilakukan, maka tahapan berikutnya adalah Tahap pemaksimalan Birahi, rawatan yg dilakukan pada tahapan ini yaitu dengan pemberian JK sekuatnya (Biasanya Konsumsi JK gak  banyak ), dengan Jemur maksimal 2 Jam, Mandi semingu 2 kali (Mandi Sebelum Jemur), bisa ditambahi pemberian EF selain JK (UH atau Kroto) setelah mandi, burung mutlak Full Kerodong. Biasanya Tahap Ini akan memakan Waktu minim 3 minggu  dan bisa lebih (tergantung kadar birahi burung), kalau birahi sudah maksimal biasanya burung gak banyak koar2 dan saat di jemur kebanyakan ngeriwik Kasar tapi responsif terhadap suara2 yg membuatnya emosi dengan bongkar isian tapi gak ngotot (Konslet).

3. Tahap Stabilkan Birahi dan Emosi pada Kacer

Setelah tahapan sebelumnya dilakukan, maka tahap selanjutnya adalah tahap penstabilan Birahi dan Emosi, rawatan yang perlu diterapkan yaitu dengan menggunaka set EF minim (Maksimal 3-3), Jemur 1 Jam, Mandi 1-2 hari sekali setelah Jemur, dan penambahan EF selain JK dg takaran minim diberikan setelah mandi, Full Kerodong, indikator pada tahapan ini burung akan lebih stabil mainnya, isian mengalir, tarungnya santai dan full durasi.

4. Tahap pengendalian Emosi pada kondisi bulu tua (menjelang Memasuki masa Mabung)

Pada tahapan ini umumnya kacer akan mengalami kenaikan emosi, rawatan yg diterapkan yaitu JK 3-3, Jemur Maksimal 1 jam, Mandi harian setelah Jemur, full kerodong (Kerodong bisa dilakukan saat menjelang malam saja pada tipe kacer yg fighter tinggi), penambahan EF selain JK cuma dilakukan saat hari H, selepas itu cukup JK, rawatan ini dilakukan sampai burung masuk waktu Mabung.

5. Tahap Rawatan Mabung

- Rawatan Mabung pada kondisi celeng sudah pada rawatan stabil, maka rawatan mabung cukup di NOL kan EF nya pada saat fase bulu rontok, dan pada saat dorong bulu diberikan EF JK 10 2 hari sekali, setelah bulu rontok semua, baru dilakukan mandi 2 hari sekali dan jemur 1 jam di awal penjemuran, selanjutnya jemur 30 menit, sampai kondisi pulih normal.
- Rawatan Mabung pada kondisi burung masih menyandang status celeng, pada Fase Rontok bulu JK 3-3 + UH atau Kroto secepuk, pada saat proses dorong bulu JK 10-10 + UH 20-20/ kroto Sesendok, setelah bulu notok lakukan tahap pengondisian Tahap I dan selanjutnya.
- Dua poin di atas sangat cocok diaplikasikan pada kacer tipe panas. Untuk kacer tipe dingin atau figter rendah, pada masa ini nol EF sampai mentok.
Catatan :
1. Pada setiap tahapan harus dilakukan secara berurutan dari tahapan 1 s.d 4, untuk membentuk kacer stabil dilapangan, Sekalipun pada tahapan tertentu bisa perform bagus dilapangan, itu hanya perform sesaat yg kestabilannya masih perlu diperhatikan.
2. Apabila indikator pada tahapan sebelumnya masih belum didapat, jangan pindah ke tahapan berikutnya.
3. Untuk Kacer yg gampang emosi pemberian EF pendamping JK baiknya menggunakan kroto.
4. Untuk Setting Lapangan sesuai dengan pengamatan dan pemahaman masing2, karena kunci  kestabilan burung kacer terletak pada Rawatan harian.
Demikian pemirsa, kurang lebih spt itu tahapan rawatan celeng (Kacer Bahan) Secara umum menurut versiku, Mohon maaf apabila kurang berkenan. #Hanya_Share_secuil_Pengalaman. Ditulis Oleh Ndanko GSF, ditambahkan oleh Ibi BK. Baca tips perawatan kacer yang lain di sini.



Home - About Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us
Copyright © 2014 www.ublsf.com. Designed By templatoid. Powered By Blogger
Back To Top