Mengkaji Kesetabilan Performa Kacer di Area Lomba

Mengkaji Kesetabilan Performa Kacer di Area Lomba

Mengkaji Kesetabilan Performa Kacer di Area Lomba – Kicau mania yang berbahagia, banyak kalangan KM yang bertanya-tanya apa sih yang dimaksud kesetabilan pada kacer itu tanpa kita mengkaji factor-faktor apa yang membuat kacer bisa stabil. Pada kasus ini, saya berpandangan bahwa yang akan bisa menjawab kesetabilan itu sendiri adalah mutlak dari pola rawatan kacer momongan. Apakah Anda pernah berfikir jika burung yang sudah tampil maksimal minggu ini, minggu depan tiba-tiba berubah padahal tidak ada perubahan pola rawatan dan cuaca pun sama? Secara manusiawi, berfikir seperti ini adalah hal yang lumrah dan biasanya akan muncul kebingungan jika kita tidak melihat sisi lain dari kacer momongan kita. Lalu salahnya dimana?

Faktor Penyebab Tidak Stabilnya Performa Kacer di Lapangan

Salahnya adalah karena tetap memakemkan settingan tanpa melihat kekurangan saat tampil maksimal hari itu. Sebagai contoh ketika kacer tampil dengan posisi masih ada gesek paruh dan ekor bergoyang-goyang seolah-olah minta mandi tapi disaat itu juga burung juara. Dari sinilah seharusnya kita mulai mengkaji lagi apa kekurangannya sehingga  pada minggu selanjutnya sang kacer momongan tidak bisa Nampil maksimal lagi. Ini adalah hal yang penting karena memakamkan setingan mingguan erat kaitannya dengan perawatan harian Anda.
Suatu contoh kasus, misal minggu ini perawatan jangkrik 3/3 dan tidak ada penambahan EF (extra fooding) sampai hari H lomba (missal hari minggu). Tetapi ketika hari H perlombaan setiap sesi kita memberikan JK dan UH. Nah, ketika jumlah EF di hari H diberikan lebih banyak kita tidak menyadari dampak apa yang akan terjadi di kemudian hari. Dampaknya tentu tidak langsung terlihat hari itu juga, melainkan hari Senin, Selasa, dan hari-hari selanjutnya. Nah pertanyaanya, kapan jumlah EF yang dikonsumsi hari Minggu itu akan benar-benar dicerna jika di hari-hari selanjutnya kita memberikan extra fooding yang sama? Sementara logikanya kan si burung sudah mempunyai hutang untuk membakar EF yang diberikan berlebihan di hari Minggu? Lalu seperti apakah seharusnya menjaga kestabilan itu?
Menurut saya begini, ketika hari Minggu ada penambahan EF yang berlebih otomatis hari Senin dan Selasa itu haruslah nol / tanpa EF, tetapi untuk penjemuran itu bisa saja tetap dilakukan. Selanjutnya, mulai hari Rabu barulah perawatan seperti biasa diterapkan sampai hari Minggu minggu selanjutnya. Dengan seperti ini, burung akan bisa tampil untuk mingguan dengan stabil. Jangan hanya karena melihat teman-teman kita memberikan jumlah EF yang berlebihan ketika menjelang lomba, lalu kita pun dengan serta merta melakukan hal yang sama tanpa pertimbangan yang matang.
Lihatlah dampak yang terjadi pada Minggu selanjutnya jika kita tetap menerapkan pemberian EF yang sama setiap harinya. Apakah burung itu benar-benar bisa tampil stabil? Saya rasa susah bisa bertahan jika kita bermain di perlombaan mingguan dengan menerapkan pola rawatan seperti itu. Pola seperti itu mungkin hanya akan bertahan dalam hitungan 6 minggu berturut-turut. Selanjutnya pasti banyak masalah yang akan datang karena penumpukan protein yang tidak bisa dicerna dengan baik biasanya menimbulkan penyakit-penyakit yang mulai menghinggapi momongan kita dan itulah yang biasanya membuat pusing sang perawat. Menurut pandangan saya, adaptasi pola rawatanlah yang dapat dikatakan sebagai kestabilan dalam makna yang sebenarnya.
Kesetabilan Performa Kacer di Area Lomba
Kesetabilan Performa Kacer di Area Lomba

Nah sobat KM pecinta ublsf.com dimanapun berada, itulah esensi dari kestabilan pada kacer menurut om narasumber kita om IBI BK. Semoga artikel ini bermanfaat menabahkan wawasan sobat KM semua sehingga kemudian dapat tercapai kestabilan performa kacer seperti yang Anda harapkan. Untuk melihat tips rawatan kacer yang lainnya, silahkan klik di sini



Home - About Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us
Copyright © 2014 www.ublsf.com. Designed By templatoid. Powered By Blogger
Back To Top