Pemahaman Rawatan dari Gerak Gerik Kacer (Mencetak Kacer Juara)

Pemahaman Rawatan dari Gerak Gerik Kacer (Mencetak Kacer Juara)

Pemahaman Rawatan dari Gerak Gerik Kacer – Sepertinya percumah saya ulas panjang lebar tentang treatment atau rawatan jika sobat KM tidak paham dengan gerak-gerik dan tingkah laku burung itu sendiri. Menurut saya hal yang paling mendasar dalam permasalahan kacer biasanya adalah minus suhu tubuhnya. Nah, oleh karenanya kita akan coba lihat dan amati gerak-gerik kacer sambil mencoba menerjemahkan apa maksud dari gerak-gerik tersebut selama masa penjemuran dalam rangka menstabilkan suhu tubuh sang kacer momongan.

Pemahaman Rawatan dari Gerak Gerik Kacer

Pengamatan Gerak-Gerik Kacer Saat Penjemuran

Jika pada saat dijemur sang kacer mangap-mangap sambil meloncat-loncat, nampak sperti gelisah tapi sayap tidak terbuka, dan nafas tidak ngos-ngosan maka dapat kita prediksi itu adalah pertanda suhu tubuh sang kacer minus. Agar lebih meyakinkan lagi, coba pengang kacer tersebut dan rasakan suhu tubuhnya. Jika Anda peka terhadap apa yang terjadi maka biasanya yang Anda akan rasakan adalah suhu tubuh sang kacer yang tidak hangat dan sperti ada getaran mengigil. Jelas kacer dalam kondisi ini adalah kacer yang sedang tidak dalam kondisi baik.
Nah, jika ini yang terjadi pada momongan Anda dan Anda tidak mau repot merubah-rubah settingan, coba terapkan tips saya berikut in:
1. Jemurlah selama  dua jam selama dua hari berturut-turut.
2. Terapkan full krodong dobel
3. Hari selanjutnya cukup full krodong dan kasih vor saja tanpa mndi dan jemur selama 2 minggu.
4. Amati terus perubahannya dari segi fisik. Semakin membaik atau justru tidak. Tidak perlu dibuka kecuali saat membersihkan kotoran dengan intensitas sehari sekali.
5. Setelah kondisi membaik berikan JK dengaran takaran rendah, 2/2 dan jemur 1jam.
6. Mndi ckup seminggu dua kali jika sang momongan sudah benar-benar dalam kondisi fit. Yang perlu diingat dalam hal ini adalah bahwa pakem pemandian itu terbentuk ketika kacer ada dalam kondisi prima.

Pengamatan Perilaku Kacer Selama Perlombaan

Baiklah sobat KM, selanjutnya saya akan sedikit memberi tips mengenali gerak gerik kacer dan penangananya saat di area lomba.
1.    kurang Emosi
Perhatikanlah hal-hal yang sering terjadi di saat lomba sedang berlangsung. Jika kacer Anda dalam keadaan kurang emosi, biasanya ketika sang juri mendekat dia akan jeda, nampar jeruji, mbedes, sperti takut dll. Sebenarnya itu bukan takut terhadap juri meski memang jika kita melihat secara kasad mata seolah-olah dia takut. Padahal yang terjadi sebenarnya adalah ketidak mampuan konsletnya burung kita yang membuat dia kurang nyaman. Kalau hal terbut terjadi pada momongan kita, hal yang pling di utamakan untuk mengejar sesi berikutnya adalah jauhkan dari area lomba. Setelah itu jemur burung dan berikan ulat hongkong sebanyak mungkin sementara kroto dan JK dibuang dulu.
Sementara untuk penanganan rawatan di rumah jika kacer kurang emosi adalah dengan memangkas EF JK, lalu berikan UH untuk mnambah emosinya. Durasi jemur ditambah dan mandi dikurangi hingga burung semakin membaik.
2.    Over Emosi
Perhatikan kacer yang over emosi ketika diarea lomba, sangat berbeda tapi perlu kejelian dalam hal memperhatikan kacer yang over emosi dalam kasus ini. Biasanya jika juri mendekat, dia seolah-olah ingin menerkam alias kolokan sperti ingin meminta sesuatu dan berahir mbedes-bedes. Kacer seperti ini biasanya agresif, kotoran makan vor kecil-kecil dan kering, minum boros, tangan masuk dipatokin galak, dll.
Jika burung kita mengalami hal tersebut, maka mandikan PS, JK berikan 15/15, kroto satu sendok makan, dan jemur setiap pagi ckup 15 menit setelah mndi hingga kondisi membaik.
Kita harus lebih jeli lagi membedakan antara over emosi dan over birahi. Meski ada kemiripan, tapi sebenarnya dua fenomena yang beda.
Contoh jika kacer OB, perhatikan setiap ada temen membawa kandang di sekitar area lomba dia akan mengejar dan berahir mbedes, jika over emosi yang dikejar bukan kandang melainkan manusianya. Ini harus benar-benar jeli dalam membedakanya. Lain halnya dengan pergerakan manusia ketika tanpa membawa sesuatu, itu memiliki penafsiran yang berbeda.
Nah, semoga pemahaman gerak-gerik kacer saat penjemuran dan saat perlombaan yang telah kita ulas di atas dapat bermanfaat bagi kita semua. Untuk melengkapi pembahasan kita terkait pemahaman rawatan dari gerak-gerik kacer, maka silahkan baca artikel selanjutnya tentang pengamatan gerak-gerik kacer sehari-hari dan maknanya
Baca Juga:



Home - About Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us
Copyright © 2014 www.ublsf.com. Designed By templatoid. Powered By Blogger
Back To Top