Pemahaman Perawatan Mabung Kacer Tipe Panas dan Dingin Paling Lengkap dan Benar | www.ublsf.com

Pemahaman Perawatan Mabung Kacer Tipe Panas dan Dingin Paling Lengkap dan Benar

Pemahaman Perawatan Mabung Kacer Tipe Panas dan Dingin Paling Lengkap dan Benar

Pemahaman Perawatan Mabung Kacer Tipe Panas dan Dingin Paling Lengkap dan Benar – Sahabat kicau mania, sekarang akan saya kupas dan saya perjelas tentang fenomena mabung pada burung kacer yang sebelumnya telah saya bahas di sini. Secara lebih mendalam, kita dapat menggolongkan mabung kacer itu dalam dua versi. Ini juga sekaligus melengkapi post sebelumnya yang berjudul mengupas tuntas fenomena mabung pada kacer yang menitikberatkan pada satu versi mabung khusus untuk tipe burung tertentu. Pada bahasan ini akan saya kupas lengkap bagaimana perawatan burung kacer mabung yang benar sesuai dengan karakternya.

Perawatan Mabung Kacer
Perawatan Mabung Kacer

Perawatan Mabung kacer Tipe Panas dan Dingin

1. Mabung untuk Burung Kacer Tipe Dingin
Untuk mabung pada burung kacer tipe dingin, diperlukan kejelian pengamatan ketika mabung karena burung tipe dingin ini umumnya tidak mempunyai “dapur pacu” yang baik. Sehingga, jika saat mabung perawat salah menerapkan rawatannya maka tak heran jika permasalahan-permasalahan seperti bagong, hilang fighter, terlalu gacor, susah untuk nampil, dan lain-lain akan muncul di kemudian hari ketika masa mabung sang burung kacer telah usai. Berdasarkan pengamatan saya, mayoritas kesalahan rawatan di masa mabung yang merusak performa kacer tipe dingin ini adalah perawatan dengan digrojok EF. Maka untuk tipe ini, pada saat mabung sebaiknya nol EF dan lakukan pengrodongan di malam hari, tanpa mandi, dan tempel dengan burung isian ketika sudah mulai dorong ekor.
Mengapa perawatan dengan pemberian EF (extra fooding) yang banyak ketika masa mabung dapat merusak kacer tipe dingin? Jawabanya adalah pemberian banyak EF pada saat mabung menyebabkan adanya penumpukkan protein karena burung ketika mabung biasanya tidak melakukan banyak aktivitas sehingga otomatis penguraiannya / penyerapan EF tersebut oleh sistem pencernaan si burung berkurang. Dampaknya, burung akan mengalami kegemukan dan biasanya setelah masa mabung usai akan banyak permasalahan yang muncul.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Jika burung usai mabung menunjukkan gejala-gejala negatif, maka sebagai perawat kacer kita harus cepat tanggap dengan memangkas EF, kurangi intensitas mandi, jemur ditambah (ukurannya sampai kepanasan), dan perbanyak umbaran. Jika perilaku burung sudah menunjukkan gejala-gejala semakin giras / lincah itu biasanya menandakan bahwa kondisi si burung sudah mulai membaik dan kita boleh setting dengan EF yang rendah dan mencobanya laberan.
2. Mabung untuk Burung Kacer Tipe Panas
Untuk mabung tipe panas ini, berbanding terbalik dengan tipe sebelumnya dimana kita harus memberikan pendingin dengan memberikan EF. Justru untuk tipe panas ini, setting hariannya bisa berjalan seperti biasa tanpa ada penambahan yang lalu over dan lakukan pengrodongan di malam hari, tanpa mandi, dan tempel dengan burung isian ketika sudah mulai dorong ekor. Atau jika kita masih ragu burung kita ini ber tipe panas atau dingin, sebaiknya tetep aplikasikan nol EF. Selalu amati perubahan-perubahan yang terjadi. Jika sampai mulai dorong ekor burung tersebut tidak menunjukkan gejala-gejala negatif, maka teruskan dengan nol ef sampai bulu ekor mentok.
Hal-hal negatif yang biasa timbul pada burung kacer tipe panas ketika masa mabung adalah sebagai berikut:
1 burung terlalu agresif, gigit bulu, dan lain-lain
2 burung akan menjadi lebih giras dari sebelumnya
3 hilangnya birahi pada burung ini ketika beres mabung
Nah ketika gejala-gejala itu timbul pada momongan kita ketika bulu sudah rapi, yang harus dilakukan adalah mandikan burung dengan rutin, jemur cukup 15 menit saja, EF seperti jangkrik bisa kita berikan dengan takaran 7/7, kroto tiap 2 hari sekali, siang jangan di krodong dan anginkan saja hingga burung srmakin membaik.
Sekarang pertanyaannya Mengapa burung tipe panas justru terbalik cara perawatannya ketika masa mabung jelas burung tipe panas mempunyai dapur pacu yang sangat baik beda dengan burung bertipe dingin maka cara perawatannyapun ketika mabung itu sangat bertolak belakang dengan burung tipe dingin. Jika kita merawat burung dengan main hajar tanpa mengenali karakter momongan burung kita, maka yang terjadi biasanya adalah burung akan menjadi rusak karena kita tidak tahu apa yang dibutuhkan oleh momongan kita. Sebenarnya kasus ini sudah menjamur di kalangan kacer mania tetapi jarang sekali seorang kacer mania memahami perawatan masa mabung dan rata-rata tidak mengerti apa dampak krusial yang terjadi jika burung salah perawatan ketika mabung. Baiklah kawan-kawan, mungkin sampai di sini dulu tips dari saya tentang fenomena mabung kacer ini. Ditulis oleh om Ibi Bandar Kacer.
ANDA MENGHADAPI BANYAK MASALAH PADA KACER ? 
SEMUA PERMASALAHAN ITU KAMI RANGKUM DALAM 
BUKU KARYA OM IBI BANDAR KACERBERMINAT? 
KLIK DI SINI UNTUK SEGERA DAPAT MEMESANNYA. 
ATAU ANDA DAPAT MEMESANNYA VIA WHATSAPP 
KE NOMOR 082378256124.


Mengapa Voer Diacak-acak Kacer?
Buku Panduan Rawatan Kacer
Baca Juga:

Photo of the Remarkables mountain range in Queenstown, New Zealand.

Home - About Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us
Copyright © 2014 www.ublsf.com. Designed By templatoid. Powered By Blogger
Back To Top