Masalah pada Kacer Saat Perubahan Cuaca dan Cara Mengatasinya

Masalah pada Kacer Saat Perubahan Cuaca dan Cara Mengatasinya

Masalah pada Kacer Saat Perubahan Cuaca dan Cara Mengatasinya – Pada umumnya, daerah beriklim tropis seperti Indonesia memiliki dua musim yaitu musim panas dan musim hujan. Perubahan musim dari musim panas ke musim hujan ataupun sebaliknya dikenal dengan “Pancaroba”. Sebagai KM kacer, pancaroba merupakan salah satu faktor yang perlu disikapi dengan benar sehingga tidak menimbulkan masalah-masalah yang berefek buruk pada performa kacer momongan. Masalah-masalah apa sajakah yang sering muncul pada masa pancaroba ini dan bagaimanakah cara mengatasi masalah-masalah tersebut dengan benar? Berikut ulasan om Ibi Bandar Kacer terkait hal tersebut.

Masalah pada Kacer Saat Perubahan Cuaca
Berikut adalah masalah-masalah yang biasanya terjadi pada kacer momongan saat musim pancaroba datang:
1. Mabung dini
2. Tidak stabilnya kinerja burung di lapangan
3. Turun top performanya
4. Dropnya kondisi momongan
Sering saya sampaikan di media sosial untuk tidak terlalu bergantung pada pakem tertentu untuk merawat kacer. Maksudnya meskipun kita telah meyakini bahwa secara umum hanya ada dua pakem rawatan umum kacer (rawatan panas dan rawatan dingin), pada prakteknya kita harus tetap jeli dalam pemberian jumlah EF dalam kesehariannya. Liatlah kondisi dan situasi cuaca yang sedang terjadi di lingkungan Anda sebagai pedoman pemberian jumalah EF untuk kacer momongan Anda. Semisal, setting harian yang sudah paten didapat atau sering membawa ke arah juara sedemikian rupa di musim panas mungkin saja akan tidak berlaku ketika musim hujan tiba. Harus ada penyesuaian-penyesuaian yang kita lakukan agar performa kacer tetap stabil. Saya meyakini hal-hal semacam ini sangat sering terjadi di kalangan KM.
Cara Mengatasi Masalah yang Sering Terjadi pada Kacer Saat Perubahan Cuaca
Di sinilah kepiawaian sang perawat diuji. Yang perlu Anda ingat adalah unggas termasuk dalam hewan berdarah panas sehingga ketika suhu udara mnjadi dingin otomatis dia akan berubah juga kondisi kesehatanya. Di sini yang paling penting adalah penyesuaian pada jenis ef atau pemandian rutin. Oleh karenannya, untuk menyiasati keadaan ini, perhatikan hal-hal berikut ini:
1. Untuk menghindari dropnya kondisi kacer momongan pada kondisi ini, maka ketika musim hujan hindarilah pemberian EF yang bersifat berair semisal kroto, EF tambahan untuk lomba yang cocok sperti UH, UJ, dan UK, kurangi mandi hingga 80% (jangan mandikan dulu kacer momongan sebelum ia mendapat panas yang stabil selama kurang lebih 2-4 minggu, perbanyak pengkrodongan, dan durasi jemur ditambh. Ketika mnjelang lombapun tidak perlu ada pemandian walaupun itu rutinitas kebiasaanya.
2. Jangan takut jika ketika diadu, dia dides. Dides itu menandakan suhu tubuh minus (di bawah standar rata-rata kondisi normalnya) Jangan terkecoh dengan prilaku momongan kita. Di sinilah kita dituntut untuk lebih peka lagi untuk berfikir.
3. Usahakan momongan ditempatkan yang hangat.

Nah sobat KM, kenalilah perubahan cuaca dan lakukan adaptasi atas perubahannya dengan merubah pola seting momongan Anda. Jadilah perawat yang mengerti akan kebutuhan di saat cuaca kurang bersahabat. Selamat mencoba. Salam dari wong alit.
By Ibi Bandar Kacer





Home - About Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us
Copyright © 2014 www.ublsf.com. Designed By templatoid. Powered By Blogger
Back To Top