Mengenal Teritorial Kacer di Aalam Liar | www.ublsf.com

Mengenal Teritorial Kacer di Aalam Liar

Mengenal Teritorial Kacer di Aalam Liar


Mengenal Teritorial Kacer di AalamLiar – Pembahasan kali ini erat sekali kaitannya dengan dimana kita menempatkan burung kita. Saya pernah mengulas sebelumnya tentang pembentukan mental sejak dini (trotol) pada artikel yang berjudul “Memahami Fase-Fase Penting Merawat Kacer Meniti Jalur Prestasi“ yang intinya harus diisolasi yang bertujuan untuk membentuk mentalnya sejak dini agar menjadi penguasa tunggal teritorial. Sebenarnya Saya tidak mengharamkan kicau mania merawat burung banyak dalam satu atap. Tapi perlu kita bahas mendalam tentang hal ini karna beragamnya karakter individu masing-masing kacer. Kita tidak bisa menyamakan satu dan lainnya.

suatu contoh ada beberapa burung ku yang memang harus tunggal, meskipun dirawat dengan tangan yang sama, ketika ditempatkan satu atap dengan burung sejenis atau menurutnya penganggu dalam teritorialnya selama itu juga burung takkan pernah top perfome. Bahkan tidak mau bekerja sama sekali di area lomba. Karena apa? Alasannya adalah karena dia terlalu lelah harus selalu mempertahankan teritorial selama ada di rumah. Lalu pertanyaannya, seberapa jauhkah idealnya teritorial sang FIGTHER itu disterilkan? Jawabannya adalah sejauh dia tidak merasa terancam keberadaanya oleh gangguan kacer yang lain.
Nah pada poin ini setiap individu kacer memiliki kecenderungan yang beragam. Ada yang nyaman selama kacer lain tidak terlihat. Ada pula yang ketika terdengar sedikit saja suara kacer lain, ia akan merasa gelisah. Ada lagi individu kacer yang sangat tidak bisa mendengar suara-suara lain yang dirasa mengusiknya. Di sini hanya perawatlah yang dituntut untuk memahami akan sejauh manakah teritorial versi burung momongannya.
Sekarang kalau hanya berfikir sotang-seting saja tanpa memplajari kenyamanan dalam penempatannya saya rasa bagai sayur tanpa garam. Jangan berdalih burungmu satu atap tapi koncer semua lalu menyimpulkan dan menyamaratakan hal tersebut untuk semua individu kacer. Apakah km yang menyatakan hal tersebut sudah pernah mencoba mengisolasikan burungnya dengan rawatan yang sama? Jelas bahwa isolasi itu tidak baku, dan bukan harga mati. Itu hanya soal baik atau buruk, dan menurut versi saya pasti masih banyak baiknya.


Teritorial Kacer di Aalam Liar
Kalau kita mau sedikit berfikir dan mengamati, maka kita harusnya mampu menjawab soalan tentang apakah kacer hidup berkoloni di alam liar? Kacer tercipta di habitatnya tidak berkoloni, lain halnya ketika Anda merawat pleci yang notabenenya ditakdirkan berkoloni di alam liarnya. Justru dia takkan berkembang dengan baik jika diisolasi, tetapi sebaliknya ia akan membaik jika dikoloni. Jangan pernah mematahkan apa yang sudah digariskan TUHAN, karena semua sudah didesain sesuai dengan habitat, kebutuhan, dan garisnya masing-masing. Selamat mencoba.

Baca Juga:
Tips Menghindari Perubahan Performa Kacer
Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Katuranggan
Jenis Kacer yang Membaik Performanya Jika Sering Dilombakan



Home - About Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us
Copyright © 2014 www.ublsf.com. Designed By templatoid. Powered By Blogger
Back To Top