Pengondisian Akhir (Finishing) Burung Kacer di Lapangan Perlombaan | www.ublsf.com

Pengondisian Akhir (Finishing) Burung Kacer di Lapangan Perlombaan

Pengondisian Akhir (Finishing) Burung Kacer di Lapangan Perlombaan


Pengondisian Akhir (Finishing) Burung Kacer di Lapangan Perlombaan – Untuk jenis burung FIGTHER seperti burung Kacer selain perawatan yang baik, eksekusi di lapangan atau pengondisian saat finishing juga sangat berpengaruh dengan kinerja burung di lapangan. Terkadang hal sepele ini justru menjadi momok menakutkan bagi para kicau mania sehingga berakibat pada tidak maksimalnya kinerja Si kacer gacoannya.
Terkait finishing ini, sebenarnya telah saya bicarakan sebelumnya pada artikel berjudul “Menghindari Perubahan Kinerja Kacer”. Pada artikel tersebut saya telah menyoroti masalah ini dari sudut pandang pemberian EF nya. Nah, pada artikel ini saya akan memperdalam bahasan finishing ini terkhusus pada pemahaman lapangan dan durasi perlombaan.  Apa saja yang perlu kita siapkan ketika finising terkait dengan dua hal tersebut? Yuk kita berbagi pengalaman.

Pemahaman Finishing di Lapangan

Pemahaman finishing di lapangan yang akan kita dalami pada artikel ini, meliputi dua hal penting sebagai berikut:
1. Area tempat istirahat sebelum siap gantang.
2. Adaptasi setting sesuai kebiasaan & kemauan burung dengan durasi waktu perlombaan.
Pemahaman lebih lanjut tentang dua hal di atas, akan coba saya uraikan secara rinci dalam pembahasan di bawah ini.
Poin 1.
Kadang banyak kicau mania tidak memahami dengan baik tempat dan situasi lapangan sebelum perlombaan, padahal untuk seekor burung FIGTHER penempatan burung sebelum lomba ini sangat besar pengaruhnya terhadap performa Si burung di dalam perlombaan. Pemahan ini sangat penting, terutama untuk menciptakan kenyamanan disaat menjelang lomba dimana kita harus sebisa mungkin membuat momongan tidak menguras bnyak tenaga. Misalnya, menemptkan burung jauh dari area keramaian dan jelas ini membutuhkan penguasaan area lomba yang baik oleh Si pemilik. Bahkan saya sendiri dulu sering terjebak hal sperti ini, dimana hanya karena tidak mnguasai lapangan dengan baik burung jadi gembos ketika naik.
Menurut saya untuk hal ini tidak perlu di jelaskan dengan lebih detail lagi, intinya bagaimana caranya kita harus memahami cara untuk menciptakan kondisi yang nyaman buat Si momongan dan tentunya ini berbeda-beda antara burung satu dan lainnya.
www.ublsf.com
Pengondisian Akhir (Finishing) Burung Kacer di Lapangan
Poin 2
Lihat dan perhatikan durasi gantang masing-masing sesi dan berapa lama istirahat dari sesi masing-masing sesi tersebut. Kemudian, ini harus kita sesuaikan dengan seting dan kebiasaan Si burung. Adaptasi / penyesuaian ini penting karena setiap lomba tentu saja tidak sama durasi waktu penjurian dan jedanyan. Ini harus kita pahami karena tindakan di waktu yang tepat itu juga berpengaruh pada mood burung itu sendiri. Pasti setiap perawat harusnya paham akan momongan masing.
Jadi intinya bermain burung FIGTHER itu harus paham dengan momongan kita sendri. Bermain waktu, karena pemilihan waktu / timming yang tidak tepat, kinerja juga pasti akan kurang memuaskan. Oleh karenanya bnyak sekali burung yang di sesi pertama enak tetapi sesi berikutnya amburadul. Ini salah satu faktor penyebab utamanya adalah karena timming yang tidak tepat yang kemudian mengurangi mood burung tersebut bertarung.
Nah sedikit pengalaman ini mungkin bisa mnjadi pembelajaran kita semua. Bersyukurlah bagi Anda yang dianugerahi burung istimewa, karena tidak semua pencinta burung bisa berkesempatan merawat momongan yang istimewa. Salam kompak CPI se-Nusantara.
Baca Juga:

Photo of the Remarkables mountain range in Queenstown, New Zealand.

Home - About Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us
Copyright © 2014 www.ublsf.com. Designed By templatoid. Powered By Blogger
Back To Top