IBI BK - Belajar Memahi Karakter Burung dari Responsnya terhadap EXTRA FOODING (EF)

Sekedar berbagi pengalaman, saya pernah merawat tledekan gunung dengan memberi asupan makanan tak jauh berbeda dengan kacer atau murai. Pemberian jangkrik (jk) dan aplikasi mandi-jemur hampir mirip. Hasilnya, burung tidak mau sehat. Kolibri pun sama, hampir setipe juga dengan tledekan. Maksud setipe di sini adalah jenis burung-burung ini jika mengonsumsi extra fooding (ef) – makanan tambahan selain voer - yang tidak mudah dicerna, sekalipun sehari memakan satu baskom tetap saja bulu mengembang.

Lain halnya jika diaplikasikan ef yang mudah dicerna, misalnya kroto. Saya perhatikan hasilnya berbeda, lebih berdampak positif. Dari sini saya berasumsi bahwa tledekan sangat butuh ef berprotein tinggi namun yang mudah dicerna oleh tubuhnya. Dari situ biasanya si tledekan baru mau sehat.


BACA JUGA:
Mengkaji Kestabilan Kacer di Area Lomba

Nah sekarang dari pengalaman diatas, saya coba analogikan ke jenis burung kacer dan murai yang notabene bermacam-macam perilaku individunya. Contoh Kacer atau murai yang gampang mengeluarkan SEPAH atau sisa makanan/ampas. Jika saya berikan ef jk ternyata kurang direspon oleh tubuhnya, terlihat dari tidak adanya efek positif yang menonjol dari pemberian ef tersebut. Lain halnya jika saya berikan kroto, efek positifnya sangat terlihat menonjol.

Dari contoh kasus diatas, sebenarnya kita bisa sedikit belajar memahami kapasitas “mesin” burung dilihat dari kemampuannya mengolah makanan yang kita berikan. Artinya, bisa kita jadikan salah satu petunjuk terkait dengan ef apa yang sebaiknya harus kita berikan pada burung kita. Coba pembaca sekalian juga ikut meneliti hal tersebut, apakah terjadi hal yang sama atau tidak.

Pada penutup artikel ini, saya sekali lagi menyatakan bahwa analisa ini saya ambil dari pengalaman pribadi saya. Benar atau tidaknya silahkan publik yang mengujinya. Semoga bisa menjadi tambahan informasi baru buat sobat kicaumania nusantara.

Sumber: Ibi Bandar Kacer 5 September 2020

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

CopyAMP code